Total Tayangan Halaman

Sabtu, 06 April 2013

Analisis homepage Garuda Indonesia

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 
" Analisis Homepage Pada Garuda Indonesia "
                        NAMA : OKI IRAWAN RAMBE
                  NIM     : 100502002


FAKULTAS EKONOMI 
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013

Profil Garuda Indonesia
Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda).

Sebagai bentuk kepeduliannya akan keselamatan, Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan.

Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut "Garuda Indonesia Experience". Layanan baru ini menawarkan konsep yang mencerminkan keramahan asli Indonesia dalam segala aspek. Untuk mendukung layanan ini, semua armada baru dilengkapi dengan interior paling mutakhir, yang dilengkapi LCD TV layar sentuh individual di seluruh kelas eksekutif dan ekonomi. Selain itu, penumpang juga dimanjakan dengan Audio and Video on Demand (AVOD), yaitu sistem hiburan yang menawarkan berbagai pilihan film atau lagu, sesuai pilihan masing-masing penumpang.

Berbagai penghargaan pun telah diterima oleh Garuda Indonesia sebagai bukti dari keunggulannya. Pada tahun 2010, Skytrax menobatkan Garuda Indonesia sebagai “Four Star Airline” dan sebagai “The World's Most Best Improved Airline”. Selanjutnya pada Juli 2012, Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai “World's Best Regional Airline” dan “Maskapai Regional Terbaik di Dunia”.  Sebuah lembaga konsultasi penerbangan bernama Centre for Asia Aviation (CAPA), yang berpusat di Sydney, juga memberikan penghargaan kepada Garuda Indonesia sebagai "Maskapai yang Paling Mengubah Haluan Tahun Ini", pada tahun 2010. Sedangkan Roy Morgan, lembaga peneliti independen di Australia, juga memberikan penghargaan kepada Garuda Indonesia sebagai “The Best International Airline” pada bulan Januari, Februari dan Juli 2012.

2. Keuntungan dari E-cmmerce dan Hubungannya dengan Garuda Indonesia saat ini.

Keuntungan yang dapat diambil dari penerapan e-commerce dapat dilihat dari 3 pihak utama yang terlibat di dalamnya yaitu: organisasi, konsumen, dan masyarakat.
1. Bagi organisasi / perusahaan
a. Pasar internasional
Dengan penerapan e-commerce sebuah perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional. Bisnis dapat dijalankan tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital. Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia. Hal ini menciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.
Maka tidak salah lagi bahwa Garuda Indonesia merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di pasar Internasional, dengan cukup hanya mengunjungi situs www.garuda-indonesia.com maka seluruh dunia akan tau bagaimana keunggulan dari Garuda Indonesia saat ini. Baik dari segi pelayanan, penghargaan, sistem pembelian tiket dan sebagainya.

b. Penghematan biaya operasional
Biaya operasional dapat dihemat. Biaya untuk membuat, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan memperbaiki kembali informasi juga dapat ditekan. Maka tidak salah lagi bahwa garuda Indonesia dapat meminimalisir biaya dengan kemudahan menggunakan e-commerce.

c. Biaya telekomunikasi yang lebih rendah
Internet lebih murah dari sebuah jaringan tambahan yang hanya digunakan untuk telepon. Adalah lebih murah untuk mengirimkan sebuah fax atau e-mail via internet daripada melakukan dial telepon secara langsung.

d. Digitalisasi proses dan produk
Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.


e. Batasan waktu kerja dapat diatasi
Bisnis dapat dijalankan tanpa mengenal batas waktu karena dijalankan secara on-line melalui internet yang selalu beroperasi tiap hari.

2. Bagi konsumen
a. Akses penuh 24 jam / 7 hari
Konsumen dapat berbelanja atau mengolah berbagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya. Kita tidak terkendala lagi dengan waktu, kalau biasanya kita pergi ke tempat pemesanan tiket maka kita hanya bisa di jam tertentu saja. Namun dengan adanya e-commerce kita dapat mengunjungi dan bertransaksi di Garuda Indonesia bebas waktu.
b. Lebih banyak pilihan
Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih sesuai dengan keinginannya.

c. Perbandingan harga
Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.

3. Bagi masyarakat
a. Praktek kerja yang lebih fleksibel
E-commerce memungkinkan masyarakat bisa lebih fleksibel dalam menentukan tempat bekerja, misalnya mereka dapat bekerja dari rumahnya masing-saing tanpa harus pergi ke kantor.
b. Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain
Masyarakat di negara berkembang dapat mengakses dan menikmati produk, layanan, dan informasi yang mungkin sulit mereka temukan di daerahnya.





3. Analisis Homepage Garuda Indonesia

Dengan seiringnya perkembangan zaman yang semakin canggih, dimana seluruh perusahaan berlomba-lomba berinovasi agar menjadi perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang di zaman persaingan yang semakin ketat ini.
 Konsumen selalu ingin di manjakan, konsumen selalu ingin yang instant, maka dari itu Garuda Indonesia selalu memberikan itu. Mulai dari pembelian tiket secara online, keramahan pramugari, kenyamanan di sepanjang perjalanan, dan sebagainya. Namun sekarang yang lebih inovatif adalah dengan mengunjungi www.garuda-indonesia.com kita dapat melihat secara lengkap profil Garuda Indonesia itu sendiri. Dan berikut beberapa informasi yang dapat kita lihat di Homepage Garuda Indonesia :
A. Aspek Sumber Daya Manusia 
Garuda Indonesia Experience
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
a. Konsep Layanan
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang.

b. Sebelum Keberangkatan
Untuk menjadi perusahaan penerbangan yang unggul dan terkemuka, Garuda Indonesia memiliki misi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bukan hanya di dalam pesawat tetapi juga di bandara melalui layanan-layanan kelas satu.

c. Di Dalam Pesawat
Selamat datang di Garuda Indonesia. Kita mulai perjalanan Anda dengan Garuda Indonesia Experience. Kami hadir untuk memastikan kenyamanan Anda sepanjang perjalanan.
d. Terbang Bersama Kami
Garuda Indonesia terus berusaha menyediakan pelayanan terbaik bagi penumpang kami, mulai dari merencanakan perjalanan hingga lepas landas, terbang, mendarat, berangkat dan seterusnya. 

e. Makanan dan Minuman
Nikmati aneka ragam sajian makanan, hiburan, kursi yang nyaman dan layanan belanja dalam pesawat selama perjalanan menuju tujuan Anda.
f. Tanya Petugas Kami
Garuda Indonesia memiliki komitmen untuk selalu menyediakan pelayanan yang terbaik pagi penumpang kami. Salah satu wujud komitmen ini adalah dengan memperlengkapi para petugas kami dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan Anda. Para petugas kami bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda bukan hanya selama perjalanan, tetapi juga sebelum dan sesudahnya.
Dengan pengenalan konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia menciptakan ciri khas yang membanggakan, sekaligus meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional. Konsep Garuda Indonesia Experience didasarkan pada 5 pancaindra atau “5 senses” (sight, sound, scent, taste, dan touch) dan mencakup 24 “customer touch points”; mulai dari pelayanan pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight dan post-journey.

Sejak pertama diluncurkan pada 2009, Garuda Indonesia Experience mengandalkan keramahtamahan Indonesia. Ini sejalan dengan visi Garuda Indonesia, yaitu perusahaan penerbangan yang handal, menawarkan layanan berkualitas bagi masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia. Garuda Indonesia mengemban misi khusus sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia, yang mempromosikan Indonesia kepada dunia. Konsep keramahtamahan Indonesia ini diterjemahkan dalam ikon-ikon yang mengandalkan pancaindra, yang antara lain tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga khas Indonesia, musik khas Indonesia, serta cita rasa makanan dan minuman khas Indonesia. Pada 2009, perusahaan melakukan program peremajaan untuk armada-armada lama, Boeing 747-400 dan Airbus 330-300, dengan mengganti interior pesawat dan menambah fasilitas AVOD (Audio and Video on Demand). Langkah yang sesuai dengan konsep layanan Garuda Indonesia Experience.

Di samping melibatkan pancaindra, konsep Garuda Indonesia Experience juga harus memiliki nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat waktu dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman (tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu (tentang staf). Konsep ini diterima dengan baik oleh pelanggan Garuda Indonesia.

B. Aspek Pemasaran 
a. Garuda Indonesia Mengembangkan Jaringan Internasional dengan Gerbang Internasional Baru: Abu Dhabi

Mulai dari 2 Desember 2012 penerbangan dari Jakarta ke Amsterdam akan dioperasikan via Abu Dhabi.

Sebagai bagian dari kerja sama internasional dengan Etihad Airways, Abu Dhabi sebagai gerbang menawarkan para penumpang penerbangan lanjutan (connecting flight) ke London, Manchester, Paris, Muscat, Athena, dan Moskow.

Untuk pemesanan, silakan hubungi Kantor Penjualan Garuda Indonesia terdekat, agen perjalanan, dan Call Center 24 jam di 0804 1 807 807 atau +6221 2351 untuk Indonesia. Anda juga bisa menghubungi agen perjalanan Abu Dhabi di Jalan Maidan Al Itihad, Abu Dhabi, UAE, telepon +971-2-6338700.
Itu merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Garuda Indonesia dengan mengembangkan jaringan Internasional di Abu Dhabi, disamping itu masih banyak lagi jaringannya seperti China Airlines.
b. Garuda Indonesia and Standard Chartered 
Melalui kerjasama ini, Standard Chartered Bank akan berkolaborasi bersama Garuda Indonesia untuk mengembangkan kerjasama untuk mendukung program kesetiaan pelanggan yaitu Garuda Frequent Flyer. Upaya pengembangan ini juga termasuk diantaranya adalah rencana memperkenalkan kartu kredit co-brand Garuda Indonesia – Standard Chartered untuk nasabah di Indonesia.

Para pemegang kartu kredit Standard Chartered Bank dapat menikmati manfaat tambahan serta potongan harga khusus saat melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia. Berbagai keistimewaan tersebut juga dapat dinikmati oleh para pemegang kartu kredit di enam pasar lainnya yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan.

c. Garuda Indonesia and UOB 
Melalui kerjasama ini UOB akan memberikan tiket Garuda Indonesia rute Jakarta-Singapura pp secara cuma-cuma kepada nasabah kartu kredit platinum UOB dengan pemakaian minimum Rp 20 juta per bulan selama 3 bulan berturut-turut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Periode promosi mulai Oktober 2012 sampai dengan Desember 2013.

Program pemberian potongan harga bagi nasabah kartu kredit Bank UOB di rute international dan domestik berlaku untuk penerbangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2013. Sementara itu, untuk pemesanan tiket dapat dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober 2012.
d. Garuda Indonesia and Worldhotels
Maskapai nasional Garuda Indonesia telah menjadi partner frequent flyer ke-25 bagi Worldhotel, yang merupakan grup ternama di dunia. 

Garuda Indonesia bergabung dengan aliansi ekstensif Worldhotel yang memiliki program frequent flyer dari berbagai maskapai internasional termasuk Cathay Pacific, Lufthansa Air France/KLM, Singapore Airlines, dan United Airlines.

Seperti yang berlaku pada partner frequent flyer lainnya, anggota Garuda Indonesia Frequent Flyer (GFF) program (http://gff.garuda-indonesia.com) kini dapat mengumpulkan lebih banyak miles ketika menginap di salah satu properti yang termasuk dalam jaringan Worldhotels, yang terdiri dari 500 properti di 250 tempat tujuan dan 65 negara di seluruh dunia.
e. Bekerja sama dengan Liverpool FC
Garuda Indonesia kini selangkah lebih dekat menuju perusahaan global dengan menandatangani kontrak kerjasama dengan Liverpool Football Club, salah satu klub sepakbola terbesar di Inggris. Kontrak kerjasama lain yang ditandatangai oleh Garuda Indonesia adalah kesepakatan codeshare dengan Etihad Airways, maskapai nasional Uni Emirat Arab. Melalui kemitraan codeshare ini, Garuda Indonesia kini memiliki 16 destinasi yang tercantum dalam kesepakatan tersebut, yakni Abu Dhabi (AUH), London (LHR), Manchester (MAN), Muscat (MCT), Athena (ATH), Moskow (DME), Paris (CDG), Brussel (BRU), Bahrain (BAH), Amsterdam (AMS), Milan (MXP), Denpasar (DPS), Manado (MDC), Surabaya (SUB), Balikpapan (BPN) dan Makassar (UPG).

Ini merupakan kabar baik bagi pencinta sepakbola terutama penggemar Liverpool yang ingin menyaksikan laga kandang tim favorit mereka. Dengan kerjasama ini, penumpang Garuda Indonesia dapat mengunjungi Liverpool dengan terbang bersama Garuda Indonesia dan Etihad Airways (EY) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta baik ke Bandara Heathrow di London atau Bandara Manchester di Manchester. Dari London atau Manchester, moda transportasi yang paling disarankan adalah kereta api dan setibanya Anda di Liverpool, anda bisa naik bus atau taksi ke Stadion Anfield. Anda bisa menemukan informasi yang lebih lengkap di http://www.liverpoolfc.com/travel/getting-to-anfield

Untuk membeli tiket, Anda dapat menghubungi Call Center kami di 0 804 1 807 807 atau 021 2351 9999, atau Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui GA Mobile dan website.

C. Aspek Keuangan
Garuda memasuki bursa saham
Pada tanggal 11 Februari 2011. Garuda memulai IPO sebagai langkah awal menuju bursa saham. Pemerintah menyatakan bahwa harga saham Garuda adalah Rp.750 per saham dan mengurangi penawaran saham dari 9,362 milyar lembar ke 6,3 milyar lembar saham. Garuda Indonesia memutuskan mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia.
Pada 27 April 2012, CT Corp melalui PT Trans Airways membeli 10.9% saham Garuda Indonesia di harga Rp620 per lembar dengan total sebesar Rp 1,53 triliun. Harga ini lebih rendah dari harga terendah yaitu Rp395 per lembar, tapi masih dibawah harga IPO sebesar Rp750 per lembar.

Garuda Indonesia memiliki beberapa anak perusahaan untuk mendukung operasinya, yaitu:
PT Citilink Indonesia (Citilink), maskapai penerbangan berbiaya murah
PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF AeroAsia), fasilitas perawatan pesawat
PT Aero Wisata (AeroWisata)
PT Abacus Distribution Systems Indonesia (Abacus)
PT Aero Systems Indonesia (asyst)
[sunting]Unit Bisnis Strategis
Garuda Indonesia Training Center, pusat pelatihan
Garuda Indonesia Cargo, pelayanan kargo
Garuda Sentra Medika, penyedia jasa kesehatan

4. Kesimpulan
Maka dari data diatas berdasarkan homepage Garuda Indonesia, dapat dilihat bagaimana keunggulan dan keuntungan perusahaan dalam menjalankan bisnis secara E-commerce. Hanya dengan menggunakan Internet, baik dengan menggunakan komputer,laptop,tablet,handphone dan sebagainya kita sebagai konsumen,perusahaan dan masyarakat diberikan kemudahan.

Oleh sebab itu dengan adanya E-commerce diharapkan perusahaan saat ini jangan mau ketinggalan dalam segi komunikasi dan teknologi, sebab persaingan di saat ini sangatlah tingggi. Perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif agar nantinya dapat tumbuh dan berkembang serta dapat terus bertahan di saat ini.

Maka salah satu solusinya adalah e-commerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar