Total Tayangan Halaman

Senin, 06 Mei 2013

rencana bisnis Okiens SPP keliling



TUGAS STUDI KELAYAKAN BISNIS
RENCANA USAHA “ OKIENS SPP KELILING

OLEH :
              NAMA : OKI IRAWAN RAMBE
              NIM     : 100502002
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013



RENCANA USAHA ( BISNIS PLAN )
OKIENS SPP KELILING

A. URAIAN BISNIS
Mungkin banyak yang bingung dengan rencana bisnis yang ada pada judul diatas jika tidak membaca uraian tentang bisnis yang akan saya buat, ide membuat usaha ini bersumber dari hasil pemikiran saya sendiri sebenarnya maksud dari okiens SPP keliling itu adalah S merupakan singkatan dari Scan, P merupakan singkatan dari Print, dan P yang kedua merupakan photocopy.
Jadi, sebenarnya jenis usaha yang ingin saya buat adalah usaha jasa scan,print dan photocopy keliling di Fakultas Ekonomi USU, karena sekarang ada inovasi printer yang mana bukan Cuma bisa print tetapi bisa juga scan dan photocopy. Jadi, alatnya simpel dan bisa dibawa kemana-mana, dan didukung juga dengan banyaknya tempat untuk colokan aliran listriknya juga banyak. Maka dari itu nantinya saya akan mendapatkan banyak pelanggan, karena di Fakultas Ekonomi USU Cuma ada potocopian itupun sering antri, jadi karena kuliah itu identik dengan tugas dan salah satunya makalah, maka inilah yang saya jadikan peluang usaha, karena dengan cepat dan tidak  harus antri, disamping itu saya juga sistemnya “ Online “ jika ada mahasiswa atau dosen yang ingin scan,print,atau photocopy tugas bisa langsung dikirimkan datanya melalui e-mail, atau sarana jejaring sosial lainnya seperti Blackberry messenger , line, wechat, kakaotalk dan sebagainya.
Adapun target konsumen usaha saya ini adalah Mahasiswa dan Dosen yang ada dilingkungan saya melakukan usaha yaitu mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Mahasiswa Fakultas Ekonomi USU terkadang sangat sulit untuk mendapatkan tempat scan,print dan fotocopi yang dekat dari kelas mereka, jadi sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi USU saya juga turut merasakannya bagaimana mereka harus keluar dari Fakultas Ekonomi untuk mencari tempat scan,print dan photocopian nya. Ditambah lagi Dosen yang ingin memberikan bahan kuliah yang harus di photocopy maka saya mengambil peluang ini sebagai bisnis yang kecil-kecilan di kampus. Selain mahasiswa dan dosen, para pegawai dan masyarakat umum juga menjadi target konsumen saya, namun dalam jumlah yang sedikit.
            Disamping itu  cara saya menjalankan usaha tersebut adalah dengan cara membawa printer tersebut ke kampus dengan membawa kotaknya juga, supaya aman dan nantinya memakai kantong plastik besar untuk melindungi kalau ada hujan. Disaat saya kuliah saya meletakkannya di kelas tempat saya belajar. Disaat itu target saya hanyalah teman sekelas dan dosen yang mengajar, dan sekitar kelas. Namun saya juga menggunakan contact person berupa no hp saya, pin BB, line, wechat, kakaotalk, email, facebook, twitter dan jejaring sosial yang saya punya. Sehingga memudahkan konsumen menemukan lokasi saya. Sehingga jika masih dalam lingkungan Fakultas Ekonomi USU saya dapat membantu mahasiswa ataupun dosen yang ingin mengerjakan tugasnya dalam bentuk makalah ataupun ketikan. Dan saya akan menjadi pioneer dalam usaha ini, dan rencana terbesar saya adalah menjalin hubungan dengan mahasiswa lainnya di Fakultas yang berbeda dan mereka membayar sewa dari printer yang saya punya, dan saya juga nantinya membuat kredit printer bagi mahasiswa dengan pengembalian yang tanpa bunga tetapi ini saya lakukan jika usaha saya sukses.
            Saya berpikir saya sanggup melakukan usaha ini, karena sambil kuliah ada kerjaan samping seperti ini sangat menyenangkan. Disamping dapat penghasilan, saya juga nantinya mendapatkan  pengalaman. Disamping itu usaha ini tidak mengganggu kuliah saya, Cuma modal printer dan laptop sudah bisa kekampus dengan menggunakan sepeda motor saya. Disamping itu saya merupakan orang yang selalu mau bekerja keras, saya tidak punya rasa gengsi dan malu, karena menurut saya orang yang gengsi dan malu itu orang yang sulit menjadi orang yang sukses. saya sanggup melakukan usaha ini karena dalam hidup ini butuh usaha dan kerja keras dalam melakukan sesuatu.
            Alasan saya kalau nantinya usaha/bisnis ini akan berhasil adalah ini merupakan bisnis yang belum ada di Fakultas Ekonomi USU, mungkin di mana pun jarang seseorang memikirkan hal ini. Dengan jumpa langsung bisa saya scan,print dan photocopy. Walaupun tidak bisa ketemu langsung bisa datanya dikirim melalui e-mail dan jejaring sosial lainnya. Jadi akan terjadi simbiosis mutualisme, saling menguntungkan. Dan harga yang saya tawarkan juga bersaing dengan yang lainnya. Harga yang saya tawarkan nantinya pasti mendatangkan banyak pelanggan. Dan akan berhasil mendapatkan keuntungan dan mengembangkan usaha.
            Bentuk badan usaha yang ingin saya buat adalah perusahaan perorangan, menurut saya perusahaan perseorangan memiliki keuntungan dan kerugian yang sesuai. Karena perusahaan yang awal-awal harus berawal dari perusahaan perorangan dulu.
            Usaha akan saya mulai sekitar pertengahan bulan mei 2013, karena untuk saat ini saya masih menabung untuk membeli printernya. Karena untuk saat ini hanya tabunganlah yang bisa membantu saya mendapatkan printer tersebut. Untuk saat ini saya baru dapat menabung setengah dari harga printer tersebut, dan sekarang saya akan terus berusaha mendapatkan dana tersebut, baik dari pinjaman bank maupun perorangan.
            Usaha ini bersifat permanen tanpa mengenal musim, karena tugas kuliah dan ketikan tentang berkas tidak pernah mengenal musim. Jadi saya berharap usaha saya ini mendapat dukungan dari mahasiswa dan dosen agar nantinya bisa berjalan lancar dan permanen. Memang dalam pengalaman secara langsung saya belum memiliki seutuhnya. Namun, dalam usaha itu yang diperlukan adalah belajar dan terus belajar kita bisa melakukannya karna kita terus belajar. Belajar dari kesalahan dan menjadikan pengalaman sebagai meminimalisir kesalahan dimasa yang akan datang.
            Keistimewaan utama dari usaha saya ini adalah dengan harga yang bersahabat, dan istimewanya lagi bisa pembayarannya dicicil untuk jumlah yang besar tanpa bunga, dan dalam sistem online nya langsung cepat selesai, kepuasan pelanggan harus di nomorsatukan, serta saya akan selalu membuat sistem paket dan diskon dalam jumlah scan,print dan photocopy yang besar, dan keistimewaan lainnya kalau untuk internetan dan mencari bahan untuk di print saya berikan laptop saya tanpa biaya.



B. PRODUK ATAU JASA
Yang akan saya jual kepada konsumen adalah “  jasa scan,print dan photocopy “  dengan cara keliling membawa printer disekitar Fakultas Ekonomi USU dan memberikan contact person yang nantinya siapa yang butuh scan,print dan photocopy dapat menghubungi saya. Sehingga efektif dan efisien. Dan harga yang murah sehingga tidak perlu jauh-jauh keluar.
Manfaatnya adalah membantu menghemat biaya khususnya para anak kos, karena kalau di luar dari usaha saya harganya begitu mahal, saya disini menerapkan harga persahabatan, kemudian kualitas juga saya utamakan, dengan memakai printer yang bagus maka dijamin tidak adalagi namanya kertas yang tidak bisa dibaca. Dan untuk para dosen jika memiliki bahan kuliah tidak lagi capek-capek membawanya banyak-banyak, cukup bawa satu saja dan selebihnya nanti di perbanyak di kelas. Manfaat lainnya adalah scan, jika memiliki foto zaman dulu yang berbetuk cetakan dengan adanya scan, maka dari situ kita bisa mengubahnya kedalam bentuk digital, dan nantinya bisa berguna dan menjadi kenang-kenangan. Bisa di share ke facebook, twitter, display picture blackberry, maka dari situ dapat disimpulkan banyak manfaat yang saya berikan.
Adapun Jasa yang saya tawarkan berbeda dengan pesaing, jika pesaing hanya menantikan pelanggan yang datang, tetapi saya berbeda yaitu saya menawarkan jasa untuk saya yang datang kepada mereka dan memberikan contact person bukan hanya dalam bentuk nomor handphone tetapi juga memberikan sarana internet yang memungkinkan mereka mengirimkan data walaupun saat berjauhan. Tinggal kirim ke e-mail saya bisa memprosesnya, yang punya blackberry tinggal kirim datanya lewat blackberry messenger bisa langsung saya proses, atau yang mau didesain lagi makalahnya saya lakukan itu, karena saya mebuat perbedaan kepada pesaing saya, karena saya di Manajemen ambil konsentrasi pemasaran maka saya tau bagaimana sebenarnya cara pemasaran yang baik, bagaimana manajemen pemasaran itu adalah bagaimana caranya membangun hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan produsen. Sehingga kita dapat dikenal banyak pelanggan dengan positioning yang baik mengenai jasa yang saya tawarkan kepada mereka. Selalu membuat konsumen di manjakan dengan kesimpelan untuk melakukan sesuatu.


C. PASAR
Dalam usaha saya ini yang menjadi calon pelanggan saya adalah Mahasiswa dan dosen  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang ingin mengumpulkan tugasnya.
Dan kelas segmen yang saya masuki adalah semua kelas dan kalangan, karena usaha saya ini dapat diterima masyarakat dan khususnya mahasiswa dengan biaya yang murah dan bersahabat.
Jumlah pelanggan yang ingin saya capai adalah setengah dari jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi USU sekitar 3000an mahasiswa, dengan cara membuat pengumuman di mading Fakultas Ekonomi USU dan mengirim ke grup facebook, Blackberry messenger dan jejaring sosial lainnya. Sehingga mudah dalam mengirim datanya. Dan saya tinggal memprosesnya.
Strategi pemasaran yang saya terapkan adalah dengan cara mendatangi konsumen dan memperkenalkan usaha setiap saat secara update dengan hal yang menarik seperti pemberian diskon dan promo serta mamnjakan konsumen dan bert ujuan supaya konsumen merasa memiliki usaha yang saya miliki dan turut menjaga nama baik usaha yang saya miliki.
Pesaing terdekat saya ada fotocopian didekat kantin Fakultas Ekonomi USU dan dekat gedung baru. Sehingga yang saya lakukan agar bisnis saya lebih baik dari mereka adalah dengan harga yang murah dan menjalin hubungan yang baik serta memiliki standard kinerja, seperti yang kita ketahui pelanggan akan nyaman jika kita bukan hanya sekedar menjalankan usaha tetapi juga melakukan sapaan yang menjadikan seorang pelanggan nyaman. Dan memiliki sistem yang baik agar nantinya tidak ada yang dirugikan, misalnya nanti disaat banyak yang antri, maka dibuat sistem antri yang berdasarkan siapa yang luan datang dan tidak ada nepotisme didalamnya.
Sehingga bisa kita lihat pemasaran dalam usaha saya menomorsatukan pelanggan dan menjalin hubungan yang baik sehingga nantinya terjadilah hubungan yang saling menguntungkan, dan pelanggan semakin banyak dan semakin dikenal oleh para mahasiswa maupun dosen dan menjadi pioneer dalam usaha ini, dan harapan terbesar saya nantinya memiliki tempat usaha yang layak dan memiliki sebuah tempat dan tidak meninggalkan cara kelilingnya. Dengan cara ini maka saya akan dapat membuka lapangan pekerjaan.

D.  LOKASI USAHA
Karena usaha saya ini selalu keliling dan tidak menetap disatu tempat saja, maka usaha saya ini berlokasi di banyak tempat, namun disempitkan lokasinya yaitu di kontrakan saya di jalan Karya Dame no 26 c, Kelurahan Sei Agul, Medan Barat, kota medan dan di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, dengan berpindah kelas saya disetiap mata kuliah maka derpindah pula letak usaha saya. Inilah makanya di sebut usaha SPP keliling.
Lokasi usaha saya sangat ramai dari konsumen karena letaknya di kampus dan jika ada tugas yang diberikan dosen saya langsung bisa memproses data mereka. Dan jangkauan dari konsumen ke tempat saya sangat dekat, dan sebelumnya juga saya bisa dihubungi untuk mengetahui lokasi saya. Jadi lokasi saya tidak perlu menyewa karena saya merupakan mahjaasiswa Fakultas Ekonomi USU.
Alasan saya memilih tempat usaha di sini adalah karena saya merupakan seorang mahasiswa jadi tidak mengganggu kuliah saya kalau saya menjalankan usaha ini. Dan dekat dengan konsumen yang sering mengerjakan tugas dan selalu ingin simpel dan instant, cukup hubungi atau datang langsung, bisa saya proses. Konsumen tidak perlu lagi jauh-jauh ke fakultas lain, karena di Fakultas Ekonomi sudah ada, sehingga mempermudah dalam mengerjakan tugas, dan jika ada yang lupa scan,print atau photocopy di rumah dan buru-buru kekampus, saya menawarkan nya agar bisa membantu mahasiswa yang tidak sempat print atau photocopy tugasnya, sehingga dia bisa mengumpulkan tugasnya tepat waktu.
Dan lokasi ini menurut saya sangan tepat, dan memiliki pelanggan yang banyak seperti dari awal saya katakan harga yang bersahabat dan terjangkau maka dapat menjadi pioneer dalam kegiatan bisnis dikampus, walaupun nanti muncul pesaing baru, dan saya akan terus berinovasi dan berusaha menambah unit printer saya.
Demikianlah rencana bisnis ini saya buat, semoga bukan hanya mimpi atau angan-angan belaka, bukan Cuma untuk tugas semata tetapi jika uang saya sudah cukup saya akan menjalankan usaha yang menjanjikan ini, semoga cepat dapat solusi dalam pembelian mesin ( printer ), agar usaha dapat saya mulai.
Amiiiin ya Rabbal alamiiiin......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar